082111551127 mahkotaseo@gmail.com
Selling Online

Kelemahan Jualan Online yang Wajib Anda Ketahui

Saat ini, orang banyak berjualan produk via online. Hal ini tak lepas karena banyak orang sudah melek internet bahkan orang-orang di daerah pelosok. Selain itu, berjualan via online juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh penjual offline. Kelebihan tersebut antara lain modal lebih sedikit karena tidak butuh toko, waktu berjualan lebih fleksibel, dan peluang lebih besar karena konsumen bisa dari mana saja.

Memang kelebihan-kelebihan tersebut membuat banyak orang tertarik berjualan via online. Mungkin anda termasuk orang yang juga tertarik berjualan via online? Namun, sebelum anda memutuskan berjualan online, ketahui dulu berbagai kelemahan jualan online berikut ini. Apa saja kelemahan tersebut?

Kelemahan Jualan Online yang Wajib Anda Ketahui

1. Tidak boleh gaptek 

Tidak gagap teknologi adalah syarat mutlak yang harus anda miliki jika ingin berjualan online. Karena, anda tak bisa lepas dari yang namanya media sosial maupun website. Anda paling tidak harus mengerti bagaimana menjalankan media sosial dan memanfaatkan fitur yang disediakan dengan sebaik-baiknya.

Jika anda menginginkan berjualan via website khusus, anda mungkin perlu membayar jasa pembuatan website. Setelah itu anda juga masih harus belajar mengoperasikan website tersebut. Kalau anda gaptek, jelas berjualan via online hanya angan-angan saja.

2. Persaingan lebih ketat 

Jika anda berjualan di toko, pesaing anda mungkin hanya toko yang menjual produk serupa di sekitar toko anda. Akan tetapi, jika berjualan via online otomatis pesaing anda adalah semua toko online yang menjual produk serupa dengan milik anda. Karena saat ini hanya dengan satu klik di google saja, calon pembeli bisa mendapatkan data toko online mana yang menjual produk yang dibutuhkannya.

Dengan demikian anda membutuhkan usaha lebih untuk mempromosikan produk anda. Jangan harap promosi yang biasa-biasa saja dapat menarik pembeli apalagi pelanggan yang loyal.

3. Menyita waktu 

Memang berjualan online bisa fleksibel dalam arti anda bisa melayani pembeli kapan saja sesuai keinginan anda. Namun, anda juga harus memahami bahwa bisa jadi anda terus-terusan di depan gadget untuk membalas komentar dari para calon pembeli. Jika diabaikan, calon pembeli mungkin akan merasa toko anda tidak melayani dengan baik. Ada baiknya anda mempekerjakan asisten atau admin khusus toko online jika anda merasa sudah kewalahan membalas komentar calon pembeli.

4. Banyak pemberi harapan palsu/PHP 

Berjualan via online menuntun anda untuk siap di-PHP oleh calon pembeli. Misalnya seseorang sudah bertanya secara mendetail mengenai produk yang anda jual tetapi ujung-ujungnya tidak jadi membeli. Atau yang lebih parah, sudah memesan barang ini itu, setelah ditunggu ternyata tidak transfer sesuai kesepakatan.

Kalau sekali dua kali sih, mungkin bukan masalah bagi anda. Tapi kalau sudah berkali-kali, anda mungkin akan kehilangan kesabaran yang berujung pada penurunan semangat dalam berbisnis. Dalam kondisi seperti ini, anda harus menghadapinya dengan kepala dingin.

5. Rawan penipuan 

Jangan salah, penjahat ada dimana-mana, bukan hanya di dunia nyata. Penjahat saat ini juga memanfaatkan internet dalam melakukan aksinya. Ketika anda berjualan via online pun anda harus selalu waspada. Jangan langsung gembira jika seseorang tak dikenal sebelumnya tiba-tiba memesan produk anda dalam jumlah yang besar. Apalagi jika disertai syarat transfer uang pembelian dilakukan setelah barang diterima. Wah, anda harus menyelidiki dulu dalam-dalam.

Demikianlah diatas ulasan terkait kelemahan berjualan via online. Tentunya jangan jadikan hal-hal diatas sebagai alasan untuk takut berjualan online, namun informasi diatas dijadikan sebagai bahan rujukan. Idealnya carilah solusi untuk menghadapi berbagai kelemahan berjualan via online di atas, sebagai langkah antisipasi meminimalisir kegagalan.