082111551127 mahkotaseo@gmail.com
Gagal

7 Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Bisnis online memang terlihat menjanjikan dengan segala kemudahannya. Anda mungkin sering mendengar para motivator bisnis online mengatakan : ‘Action, Action dan Action, jangan hanya terlalu banyak berpikir’. Walau keberanian untuk action merupakan kuncinya, tetapi kita harus menyadari, selayaknya bisnis offline, bisnis online pun mempunyai resiko kegagalan dan hampir semua pebisnis yang sukses pernah mengalami hal tersebut.

Nah, sebelum anda benar-benar terjun ke dalam bisnis online secara total ada baiknya Anda mempelajari dulu penyebab kegagalan bisnis online berikut. Dengan mengetahui berbagai penyebab ini, kita bisa menjadikannya pelajaran untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

7 Penyebab Kegagalan Bisnis Online 

1. Kurangnya pengetahuan 

Ibaratnya prajurit hendak pergi berperang, tentu akan mempersiapkan bekal senjata yang mumpuni. Begitu pula dalam berbisnis online, anda membutuhkan bekal senjata berupa pengetahuan yang memadai tentang apa yang akan anda lakukan.

Anda wajib mengetahui bidang bisnis online yang anda kerjakan. Saat ini dengan perkembangan teknologi anda bisa mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber di internet. Atau bisa juga anda belajar dari mentor yang memang sudah ahli di bidangnya.

2. Salah perencanaan 

Perencanaan sangat penting sebelum anda memulai bisnis. Buatlah perencanaan jangka pendek dan jangka panjang yang realistis. Jangan lupa untuk sekaligus merumuskan langkah-langkah yang dilakukan dalam perencanaan tersebut.

3. Terlalu besar dalam menetapkan target awal 

Penyebab kegagalan bisnis online yang satu ini jarang disadari. Seringkali pebisnis online pemula menetapkan target awal berupa keuntungan yang sangat besar. Sebaiknya anda menetapkan dulu parameter-parameter target yang realistis. Anda perlu menyadari bahwa semua bisnis termasuk bisnis online membutuhkan waktu untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Promosi yang terlalu pasif atau terlalu aktif 

Promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis. Walaupun produk milik anda adalah yang terbaik di seluruh dunia, tanpa promosi yang bagus tetap saja produk anda tidak akan laku di pasaran. Akan tetapi anda juga harus menyadari promosi yang terlalu agresif dapat membuat konsumen lari. Misalnya promosi dengan cara spamming justru akan membuat konsumen bosan dan tidak simpati. Lakukan promosi secara efektif dan efisien.

5. Terburu-buru dan tidak sabar 

Anda merasa sudah banyak menghabiskan modal tetapi keuntungan belum sesuai target yang diinginkan? Bersabarlah, semua hal itu butuh proses. Jangan menyerah di awal perjalanan ketika anda merasa sudah buntu. Ingat, semua bisnis membutuhkan beberapa kali uji coba hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Monoton dan tidak ada inovasi 

Produk yang itu-itu saja tidak akan dilirik oleh konsumen. Anda membutuhkan diferensiasi produk anda dengan produk yang lain. Untuk itu anda harus selalu berpikir untuk melakukan inovasi. Terlebih jika anda memiliki banyak pesaing.

Langkah awal untuk menemukan ide inovasi bisa dengan cara mengamati pasar dan pesaing. Produk seperti apa yang dimiliki pesaing? Produk seperti apa yang diinginkan pasar tetapi tidak ada atau sedikit tersedia? Carilah celah pada hal-hal tersebut untuk membuat konsumen tertarik pada produk anda.

7. Kurangnya komitmen dalam berbisnis 

Komitmen merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Anda harus fokus dan mencurahkan semua kemampuan anda dalam bisnis online yang anda geluti. Berikan waktu, tenaga, hingga pikiran anda sepenuhnya untuk mengembangkan bisnis anda.

Ingat, usaha yang setengah-setengah juga akan menghasilkan hasil yang setengah-setengah.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kegagalan bisnis online yang bisa kami bagikan. Bagaimana, sudah siap berbisnis online?

error: Content is protected !!